Perpanjangan STNK Si Supri 2 x 5 Tahun

Para pembaca sekalian, hari Senin tanggal 8 Desember 2014 kemarin saya pergi ke kantor samsat untuk melakukan perpanjangan stnk 5 tahunan yang ke dua buat Si Supri . Si Supri adalah motor Supra Fit tahun 2004 yang saya gunakan wira wiri pas waktu kuliah. Wah tak terasa, ternyata sudah 10 tahun motor ini ya. Meskipun akselerasinya udah lemot, tapi menurut saya masih layak lah untuk dipakai😀.

si supriKembali ke urusan perpanjangan, ternyata stnk si Supri sudah mati 1 bulan. Ibu saya sudah ngingetin di hari sebelkumnya kalo si Supri telat pajeknya, harusnya bulan 11 kemarin sudah diperpanjang. Tapi ndak papa kata Ibu, kebetulan di kantor samsat ada pemutihan sampai 2 bulan ke depan sehingga biaya denda pajak dan biaya balik nama tidak ditagihkan.

Rencananya pagi-pagi pengen berangkat biar ndak antri terlalu lama. Eeehh ndilalah kok ya ada aja yang harus dilakuin sampai agak menjelang siang. Dan akhirnya sampai di samsat Tulungagung sekitar pukul 10.00.
Yang lebih “mengharukan” adalah… Itu namanya parkiran penuhnya bukan main. wuaaduuuhhhhhh… ternyata efek informasi keputihan pemutihan biaya pajak ini membuat orang berramai-ramai membaliknamakan kendaraanya dan menghidupkan stnk-nya yang sudah mati. Selain itu ditambah efek hari Senin yang dimana-mana tempat pelayananan umum yang selalu ramai.
Efek emosi sesaat sebenarnya ingin putar balik ndak jadi perpanjangan. Tapi dipikir-pikir lagi kalo ndak sekarang kapan lagi sempatnya.
Ya sudah akhirnya di”jaganglah” si Supri terus cari informasi untuk perpanjangan 5 tahunan.

Setelah tanya sana sini, kurang lebih seperti ini alurnya ceritanya :
1. Siapkan ktp, stnk asli, bpkb kemudian Fotokopi. Biaya Fotocopy + map = Rp. 5.000,-
2. Ambil blangko Cek fisik di loket Cek Fisik.
3. Antri untuk melakukan cek fisik. (Gratis tidak dipungut biaya) Eduunn, ternyata yang antri cek fisik buanyak Gan.. biasanya cek fisik+antri tak lebih dari 15 menit, yang ini sampai hampir 1 jam. Keringet sudah “sak jagung-jagung” (lebay) karena harus antri panas-panasan.

cek fisik1 cek fisik24. Oke Esek-esek no rangka + no mesin sudah didapatkan, sekarang waktunya kembali ke loket Cek Fisik untuk diperiksa.
5. Setelah diperiksa, dokumen diserahkan ke saya lagi sama pak Pol, kemudian disuruh membawa ke loket pembayaran untuk diantrikan.
6. Yang antri untuk menunggu pembayaran ini juga tak kalah ramainya. di dalam ruang tunggu penuh bingit. Sampai-sampai hembusan AC ndak terasa blas dinginnya. Ambune kringet campur khelexx, jan mak senggg pokok-e.

antri bayar3antri bayar2 antri bayar1
7. setelah menunggu sekian lama akhirnya saya dipanggil juga. Panggilan pertama bayar Cetak STNK dan Plat nomor sebesar Rp. 80.000,-
8. Panggilan ke dua untuk mengambil BPKB.
9. Panggilan ke tiga untuk membayar pajak kendaraan sebesar Rp. 187.000,-. Struk pembayaran pajak diberikan oleh petugas kasir.
10. Setelah menerima struk, disuruh ke samping ruang tunggu untuk pengambilan STNK+KTP.
11. STNK asli yang sudah diambil, diserahkan ke petugas workshop untuk dibuatkan plat nomor. Dan lagi-lagi, di sini antrinya ndak kalah sama di ruangan tadi.

antri bikin platSetelah menunggu lebih dari 1 jam, akhirnya plat nomor sudah jadi.

Kira-kira seperti itulah urutan peristiwa perpanjangan motor 5 tahunan, meskipun antri-nya panjang + lama, STNK + Plat Nomor bisa langsung jadi. Tidak seperti bulan-bulan yang lalu yang harus menunggu 6 bulan kemudian.
Semoga membantu..

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: