Get Directions Google Maps

Barusan diberi tahu sama si mantan pacar, katanya di Mbah Gugel bisa mencari jalur jalan dengan hanya mengisi asalnya dari mana dan tujuannya kemana, nanti Mbah Gugel sendiri yang cari alternatif jalan. Ah masa iya? Kok saya belum pernah tau ya? mangkin canggih saja Mbah Gugel ini.. Biar gak penasaran langsung saya menuju TKP langsung saya coba saja fitur ini..

1. Pertama buka link ini, setelah page terbuka, ada 3 bagian di halamannya yaitu bagian atas (A) yang berisi entrian untuk searching di maps-nya, bagian kiri(B) yang berisi point-point hasil dari pencarian dan bagian kanan(C) adalah peta.
2. Untuk memulai fitur ini, di bagian kiri ada link Get Directions (nomor 1) silakan diklik

3. Setelah terbuka silakan masukkan tempat asalnya di samping lingkaran huruf A berwarna ijo (contoh : nama jalan) (nomor 2) dan masukkan tujuannya di samping lingkaran huruf B berwarna ijo (nomor 3)

4. Klik Get Directions (nomor 4) dan di peta (sebelah kanan) sudah tampil rute yang bisa ditempuh

5. Untuk contoh ini Google menyediakan 3 rute alternatif yang bisa di tempuh, untuk melihat perbedaannya silakan di klik pada bagian Sugested routes (nomor 5)

6. Disini juga diinformasikan di masing route jarak tempuh dan waktu tempuh-nya (Kalo di Indonesia mungkin waktu tempuhnya gak bisa jadi patokan kali ya.. biasaaa.. macetnya kan gak bisa diprediksi sama Mbah Gugel😀 )

7. Jika ditarik cursor ke bawah lagi ada info arah dari pertama asal anda, belok ke kiri atau ke kanan sampai di tempat tujuan, kalau orang Jawa bilang “Ancer-ancer”

8. Jika ingin memilih route sendiri arahkan mouse pada rute yang dibuatkan google sampai muncul tanda lingkaran kemudian drag lingkaran tersebut ke  jalan yang ingin dilalui, sehingga rute-nya berubah melalui jalan yang diinginkan.

9. Jika ingin melanjutkan rute ke titik tujuan yang lain, tinggal klik Add Destination di bawah lingkaran B warna hijau, kemudian entrykan tujuan selanjutnya dan klik Get Directions kembali

10. Fitur ini diukur berdasarkan asumsi bahwa dilakukan dengan berkendara mobil/motor, jika ingin mengukur waktu tempuh dengan berjalan kaki tinggal diubah saja dari tombol bergambar mobil ke tombol gambar orang berjalan.

Sekedar saran untuk Googlemaps mungkin pembaruan petanya saja bisa lebih up to date karena jalan yang sudah setahun lebih dibangun masih belum muncul di petanya.

Rute dengan 2 titik

Rute dengan 3 titik

Mantaap.. Cukup mudah bukan? Monggo silakan dicoba.. Itung-itung cari rute baru biar ndak nyasar. Hehehehe Terima Kasih Mbah Gugelmaps..

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: