Waduww.. busi si Kebo Ireng susah dicopot..

Seminggu yang lalu saya ke beres BMSA Surabaya untuk service rutin si Kebo Ireng. Waktu mekanik mau buka busi, dia panggil saya yang kebetulan lagi di ruang tunggu. Katanya businya susah dibuka, kemungkinan drat/ulirnya sudah “dhol” kalau dipaksa dibuka nanti gak bisa dibalikin lagi. Harus dibuatkan ulir baru dan itu belum tentu sehari jadi. Weleh.. ane mikir, kalo Kebo Ireng ditinggal nanti ane muter-muter pake apa ya..? Ya sudahlah ane bilang ke mekaniknya businya gak usah dicopot dulu, diservice aja..

Setelah seminggu berlalu ane kepikiran terus sama busi yang gak bisa dicopot ini, iya kal0  gak papa.. kalo tiba2 businya mati di jalan piye? nambah masalah nanti.. Akhirnya hari Sabtu (kemarin) ane balik ke beres lagi buat mastiin kondisi ulir busi ini. Kalo memang ulirnya rusak dan harus dibuatkan ulir baru ya sudahlah dibuatkan ulir aja.

Mekanik nuntun si Kebo Ireng ke dalem, tangki dicopot kemudian ambil kunci busi dan nyopot busi sebelah kanan. Nyopot busi-nya aja susah bener, dalam pikiran saya “wah emang bener nih ulirnya udah rusak”, ternyata bener sodara.. ulir businya sudah “pating plethot” gak karu2an.. waduh2.. Disusul copot busi sebelah kiri, sama aja susah juga nyopotnya.. hasilnya sama juga busi sebelah kiri lebih parah “pating plethot”nya. Hadeeeuuhhh.. kok bisa sampe kaya gini to ya, mekanik-e  sing biyen ki masange piye..? karena saya gak pernah copot busi si “Kebo Ireng” semua dikerjakan sama mekanik beres waktu service rutin. Ya weslah saya gak mau su’udhon sama mekanik dulu yang terakhir service si “Kebo Ireng”, yang penting sekarang gimana cara ngatasin ulir yang “pathing plethot” biar kembali seperti sedia kala..

Untuk perbaikan ulir busi, ada 2 opsi yang ditawarkan mekanik :
1. Blok mesin dicor ulang sehingga ulir kembali seperi sedia kala, tapi efeknya bisa jadi nanti bolongannya miring (gak sesuai dengan aslinya, pengerjaannya lama dan mahal
2. Dishock. (Ditambahkan besi yang ada ulirnya) ada ring di atas dan bawahnya untuk mencegah agar tidak lepas dan rapat, bisa sehari jadi, dan ongkos lebih murah
OK saya memutuskan untuk pilih opsi yang no. 2, karena menurut mekanik nanti hasilnya sama aja. Sekalian karna harus bongkar blok mesin ane minta service besar sekalian bersihiin kerak-kerak yang nempel di ruang bakar.

Saya nanya ke si mekanik, kapan nih bisa selesai? “Kalau tempat shock ulir-nya bisa cepet ngerjain ya hari ini jadi mas.., paling lambat besok (*red hari ini), tinggalin no telp aja nanti kalo udah selesai tak hubungin” gitu kata mekaniknya. Yo wes saya tinggalin no telp ke dia, “Kebo Ireng” saya tinggal untuk “dibedah”. Dadah si kebo.. saya pulang dulu naik angkot ya.. (“halah..”)

Kemarin sore sekitar jam 16.30 saya dapet sms kalo motornya udah jadi. Karena masih ada perlu dan hari menjelang maghrib, saya bilang aja kalo diambil besok pagi aja (hari ini). Tadi pagi sekitar jam 09.30 ane ke beres ketemu sama si mekanik. Setelah diservis besar, menurut si mekanik buring dan seher ada baret2.. Weladalaaahh opo maneh iki…? menurut penuturan mekanik ini kemungkinan karna kerak yang rontok dan tergesek sama seher, maklum si kebo ireng minum premium terus jadi keraknya dimana-mana.. Efeknya kalo digas di rpm tinggi ada ngebul item, tapi kalo rpm sedang2 saja gak ngebul. Saya jadi “pening” sejenak hehehehe, saya bilang ke mekaniknya untuk sementara gak papa lah toh saya pake pulsarnya juga gak pernah geber-geberan. Yang penting masalah ulir sudah selesai. Saya disarankan untuk service besar setiap 20.000 km atau 25.000 km agar kebersihan ruang bakar lebih terjaga..

biaya: shock 2 ulir = Rp. 100.000,-, ongkos servis besar =  Rp. 50.000,-, busi 2 buah, packing, tutup karet di atas busi kanan, dan packing2 blok mesin yang lain = sekitar Rp 80.000,- Total : Rp. 280.000,-

Setelah diservice besar, mesin lebih terasa halus dzinggg… dzinggg… dan mudah-mudahan ulirnya gak bermasalah lagi, bisa awet sampai si “Kebo Ireng” tak mampu lagi berjalan..

  1. waduhhh marai mikir maneh meh njupuk pulsar..eneng eneng ae😀

    • Ini mungkin karena faktor “human error” git.. Busi ora pas drat-e diuntir terus akhir-e ngrusak blok karo busine dewe..

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

