Apa arti Unak Unuk?

Assalamualaikum, Salam kenal..
Untuk mengawali sebuah cerita di blog ini, saya iseng-iseng mengulas apa itu yang dimaksud “Unak Unuk”. Unak unuk adalah kata-kata yang biasa digunakan di masyarakat di daerah asal saya (Tulungagung – Jatim), artinya sendiri adalah jalan-jalan yang tidak ada tujuannya. Ada yang menyebut juga dengan “uyar-uyur”. Mungkin kata-kata ini tidak lazim didengar oleh masyarakat jawa, terdengar aneh2 gimana gitu dan juga tidak masuk dalam kamus bahasa jawa he..he..he..
Seperti halnya saat saya kuliah di Solo dulu, saya begitu teringat dengan kata “oglangan” dan “oblok-oblok”. Pertama saya juga nggak ngeh dengan kata-kata itu, ternya oglangan = mati lampu sedangkan oblok-oblok = sejenis sayur.
Ya.. setiap daerah punya kata-kata yang hanya dimengerti oleh masyarakat setempat. Mungkin dengan keanekaragaman bahasa inilah yang membuat Indonesia lebih berwarna.
Ayo.. mungkin temen-temen sekalian punya kata-kata yang lain?

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

